Facebook Twitter Google RSS

Bukti Bukti Kekuasaan dan Keesaan

, ,

Bukti-Bukti Kekuasaan dan Keesaan
Bukti-bukti kekuasaan dan keesaan dikeluarkan melalui dalil-dalil tentang kekuasaan dan keesaan yang mengandung berbagai argumen dan bukti eksistensi Al-Khaliq, Al-Mudabbir, AlHakim.
Diawali dengan menyebutkan langit dan bumi, lalu pergantian siang dan malam, kapal besar yang mengarungi gelombang lautan, awan dan mendung yang menurunkan hujan sebagai rahmat bagi hamba-hamba-Nya, dan diakhiri dengan perintah tafakur dan tadabur mengenai keindahan ciptaan Allah. Allah berfirman, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya siang dan  malam, bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan air yang diturunkan Allah dari langit, lalu sesudah itu Dia hidupkan Bumi sesudah mati (kering)nya dan Dia sebarkan dibumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin serta awan yang dikendalikan antara langit dan bumi.

Sungguh yang pada demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran dan keesaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (Qs.Al-Baqarah: 164).

Bukti-Bukti Kekuasaan dan Keesaan, Allah swt menyebutkan dalam ayat ini delapan macam keajaiban ciptaan-Nya, untuk mengingatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya dan pelajaran yang dikandungnya :
Pertama,  penciptaan langit yang indah dan isinya, seperti bintang-bintang, matahari dan bulan.
Kedua, pembentukan bumi dan isinya, seperti gunung-gunung, lautan, sungai, pohon, logam dan permta yang dikandungnya.
Ketiga, pergantian siang dan malam, panjang dan pendeknya, terang dan gelapnya, bertambah dan berkurangnya.
Keempat, kapal-kapal raksasa yang besarnya seperti gunung, yang penuh dengan beban dan penumpang, yang berlayar dengan bantuan angin yang bertiup secara teratur.
Kelima, hujan yang disebabkan Allah menjadi sebagai penyebab adanya siklus kehidupan manusia, hewan, tumbuhan, serta diturunkan dengan ukuran tertentu.
Keenam, jenis-jenis mahluk yang Allah sebarkan dan serakan dimuka bumi ini, seperti: manusia, binatang ternak, burung-burung yang berbeda bentuk dan rupanya.
Ketujuh, bertiupnya angin ke utara dan selatan, panas dan dinginnya, serta kekuatan yang dikandungnya sehingga dapat mencabut bebatuan dan pepohonan.
Kedelapan, awan yang diberjalankan diantara langit dan bumi oleh Allah dengan kekuasaan-Nya, yang membawa berton-ton air tawar. Maha Suci Allah Yng Maha Esa Lagi Maha Penyayang.
Wahai orang-orang yang mulia, inilah sebagian ayat-ayat kuniah Allah yang menunjukan keesaan-Nya dan kekuasaan-Nya, yang disebutkan-Nya dalam ayat yang agung ini, agar kita mendapatkan petunjuk tentang kebesaran Yang Maha Pencipta dan Al-Khali

0 komentar:

Posting Komentar

 
-->