Facebook Twitter Google RSS

Setrika salah satu alat rumah tangga terkuno dalam sejarah

, ,
Setrika, salah satu alat rumah tangga terkuno dalam sejarah

Salah satu alat rumah tangga sehari-hari yang cukup penting dalam memperbaiki penampilan kita adalah setrika.
Alat ini membuat baju-baju Anda yang kusut menjadi rapi dan licin kembali sehingga layak untuk digunakan dan buat penampilan jadi lebih menarik.

Ternyata setrika sudah mulai dikenal sejak zaman kuno.
Zaenuddin HM dalam bukunya yang berjudul Asal-usul Benda-benda di Sekitar Kita Tempoe Doeloe menjelaskan bahwa kata setrika sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu strijkijzer.

Arti dari kata tersebut adalah menghilangkan kerutan dari baju dengan alat yang dipanaskan. Penggunaan setrika sendiri disebut mulai dikenal pada tahun 400 sebelum masehi oleh bangsa Yunani.
Oleh bangsa Yunani, setrika malah digunakan untuk membuat lipatan-lipatan vertikal pada baju khusus yang digunakan pada ritual tertentu.

Bangsa Romawi juga disebut menggunakan sebuah benda yang mirip setrika dan diberi nama sebagai prelum.
Pada kisaran abad pertama sebelum masehi, bangsa China diketahui juga menggunakan sebuah benda dengan kegunaan sama seperti setrika. Benda ini berupa sebuah wajan yang berisikan batu bara dan memiliki panggangan panjang.

Wajan yang panas ini kemudian ditekan pada baju untuk menghilangkan kerutan yang muncul.
Pada abad ke-17, setrika mulai umum digunakan di negara-negara Barat. Setrika yang muncul pada saat itu diberi nama sadiron dan sudah berupa besi datar dengan pegangan. Pada sekitar 1870, setrika mulai disempurnakan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Mary Florence Potts dari Iowa. Dia menemukan sebuah setrika dengan bentuk runcing di kedua sisi dan sebuah pegangan yang dapat dilepas sehingga tidak panas.
Selanjutnya berkembanglah desain setrika yang seperti dikenal saat ini.

bahan pemanas yang banyak digunakan adalah batu bara dan arang. di Indonesia sendiri, setrika menggunakan bahan arang banyak digunakan dan dimiliki oleh sebagian besar orang walaupun mereka telah memiliki listrik. Namun saat ini hampir semua orang orang telah memiliki setrika listrik dengan berbagai fitur baru yang canggih seperti pengatur suhu dan semprotan pelembut.
Sebagai sebuah peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh semua orang, setrika ternyata memiliki sejarah yang sudah sangat panjang dengan berbagai perkembangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
-->